Archive for September, 2011

Mengikat Ide Bermutu dengan Membaca dan Menulis

September 30, 2011 - 3 Responses

Kenapa harus membaca dan menulis? Pada dasarnya membaca dan menulis adalah satu paket kegiatan yang sulit untuk dipisahkan. Ketika akan menulis pastinya kita butuh bacaan sebagai sumber inspirasi, kalau tidak membaca lalu apa yang akan kita tulis? Karena sebenarnya apa yang kita tulis adalah intisari dari apa yang kita baca, begitu juga sebaliknya. Kalau kita […]

With Attitude = 100% Succes

September 19, 2011 - Comments Off on With Attitude = 100% Succes

  Gimana kabarnya nih ?? Pastinya oke-oke aja kan??, Temen-Temen, aku mau berbagi something yang penting banget nih, karena tanpa yang satu ini hidup tak ada artinya, dan bahkan ilmu pun tak akan berguna, sebanyak apapun ilmu itu, kata Syekh Saef, Rektor Universitas Ummul Qurra Makkah: Bagai Jasad Tanpa Ruh… Jadi Penasaran deh, kayanya yang […]

Mabni Cintamu

September 18, 2011 - Comments Off on Mabni Cintamu

Tetkala gelisah menyelimuti hati Akankah cintamu kan tetap mabni di hati? Akankah rindumu kan tetap mufrod hanya untuk ku kasih? Atau mungkinkah akan berubah karena ‘amil-‘amil yang meracuni? Kasih. . . Ku harap cintamu kan selalu mabni di hati Walau saat Jer dan Jazem menghampiri Kau dan aku,

Yaumul Huzni

September 17, 2011 - 2 Responses

Yaumul Huzni (hari kesedihan), Mungkin kata ini sangat cocok sekali buat nggambarin keadaan hari ini, Ya. . pagi-pagi sekali sekitar jam enam pagi, seluruh santri di intruksikan oleh Abah Masruri untuk mendatangi masjid An-nur, bukan untuk apa-apa, tapi untuk sholat jenazah, Innalillahi wa inna ilaihi roji\’un, dua keluarga Al-hikmah telah meninggal dunia, menghadap Allah Ta’ala. […]

Modernisasi yang Keliru

September 16, 2011 - One Response

Pada intinya modernisasi adalah perubahan yang terjadi di dalam masyarakat  traditional menjadi masyarakat modern. Dan  ada dua faktor yang menjadi ciri dari masyarakat modern, yang pertama adalah dilihat dari lingkup ekstern yaitu adanya masalah lingkungan, urbanisasi, pendidikan, politik, komunikasi dan industri. Dan yang kedua di lihat dari lingkup intern yaitu adanya sikap, nilai dan perasaan. […]

Belajar Ilmu Falak? Siapa Takut!

September 15, 2011 - One Response

Okey guys, pada postingan kali ini aku mau berbagi sedikit pengetahuan ku nih, “kok cuma sedikit sih?”, ya iyalah karena pengetahuan yang ku punya baru sedikittt bangeet. Biasanya temen-temen di pondok kalau udah ngedenger nama ‘Ilmu Falak’ pasti dah ngacir duluan, seolah-olah ilmu falak adalah monster menyeramkan (kaya Hulk gitu. .), padahal ngga gitu-gitu amat […]

Ku Temukan Makna Kalam Ilahi di TV

September 10, 2011 - One Response

Tak Terasa liburan Ramadhan akan segera usai, \”ya begitulah waktu, kan terus mengalir bagai air”, gumamku dalam hati. Nikmat Tuhan memang sangat melimpah sekali takkan tertandingi, tapi terkadang kita tidak menyadarinya sama sekali, ketika kita di perbolehkan berlibur di rumah selama 20 hari, itu adalah suatu kenikmatan yang sangat indah bagi kita, namun terkadang kita […]