Notice: register_sidebar was called incorrectly. No id was set in the arguments array for the "Sidebar 1" sidebar. Defaulting to "sidebar-1". Manually set the id to "sidebar-1" to silence this notice and keep existing sidebar content. Please see Debugging in WordPress for more information. (This message was added in version 4.2.0.) in /home/kruchild/malhikdua.com/wp-includes/functions.php on line 4204

Notice: add_custom_image_header is deprecated since version 3.4.0! Use add_theme_support( 'custom-header', $args ) instead. in /home/kruchild/malhikdua.com/wp-includes/functions.php on line 3896

Warning: include_once(includes/custompost.php): failed to open stream: No such file or directory in /home/kruchild/malhikdua.com/wp-content/themes/daydream/functions.php on line 477

Warning: include_once(): Failed opening 'includes/custompost.php' for inclusion (include_path='.:/usr/share/pear/') in /home/kruchild/malhikdua.com/wp-content/themes/daydream/functions.php on line 477
Semut Smart » Blog Archive » Belajar Ilmu Falak? Siapa Takut!

Belajar Ilmu Falak? Siapa Takut!

Okey guys, pada postingan kali ini aku mau berbagi sedikit pengetahuan ku nih, “kok cuma sedikit sih?”, ya iyalah karena pengetahuan yang ku punya baru sedikittt bangeet.

Biasanya temen-temen di pondok kalau udah ngedenger nama ‘Ilmu Falak’ pasti dah ngacir duluan, seolah-olah ilmu falak adalah monster menyeramkan (kaya Hulk gitu. .), padahal ngga gitu-gitu amat lho . . .

Tapi sebelumnya Temen-temen dah pada tau belom nih, apa sih Ilmu Falak itu??, belom pada tahu kan??, Wikipedia mendefinisikan Ilmu Falak sebagai berikut:

Ilmu Falak adalah ilmu yang mempelajari lintasan benda-benda langit-khususnya bumi, bulan, dan matahari-pada orbitnya masing-masing dengan tujuan untuk diketahui posisi benda langit antara satu dengan lainnya, agar dapat diketahui waktu-waktu di permukaan bumi.

Ilmu Falak disebut juga ilmu hisab, karena ilmu ini menggunakan perhitungan ( الحساب =perhitungan). Ilmu Falak disebut juga ilmu rashd, karena ilmu ini memerlukan pengamatan ( الرصد =pengamatan). Ilmu Falak disebut juga ilmu miqat, karena ilmu ini mempelajari tentang batas-batas waktu ( الميقات =batas-batas waktu). Ilmu Falak disebut juga ilmu haiah, karena ilmu ini mempelajari keadaan benda-benda langit ( الهيئة = keadaan).

Naah, sekarang dah pada tahu kan apa Ilmu Falak itu, pastinya dong. .

Tadi pagi sebelum aku berangkat sekolah, temenku si A nanya:

“Ob, hukum mempelajari Ilmu Falak Itu Apa Sih??”, ya terus aku jawab, bahwasanya mempelajari Ilmu Falak itu Fardhu Kifayah, seperti yang di katakan Oleh Imam Al-Ghazali dalam kitabnya Ihya\’ Ulumuddin Juz I halaman 17:

\”Maka janganlah engkau heran bila aku mengatakan bahwa Ilmu Kedokteran, Ilmu Astronomi dan Ilmu Matematic adalah Fardhu dari bagian-bagian fardhu kifayah.”

Jadi, kalau di desa kita ada seorang saja yang menguasai Ilmu Falak, berarti gugurlah kewajiban yang lainnya, namun yang jadi masalah sekarang adalah jarang yang menguasai Ilmu Falak, Kalau bukan kita yang bisa, terus siapa lagi?.

Facebook Comments


Notice: link_pages is deprecated since version 2.1.0! Use wp_link_pages() instead. in /home/kruchild/malhikdua.com/wp-includes/functions.php on line 3896
   

  
Notice: Only variables should be assigned by reference in /home/kruchild/malhikdua.com/wp-content/themes/daydream/functions.php on line 417
One Response

  1. Pertanyaan msaanedr yang sering dilontarkan para pemikir Islam adalah belum adanya metodologi yang tepat dalam menjawab berbagai tantangan yang dihadapi umat. Dapatkah Ustadz memberikan sedikit gambaran tentang hal ini ?

    Donnie - February 7th, 2012 at 11:50 am